Sunday, June 14, 2009

Feel the Atmosphere of “Kampung”at Nasi Bancakan

Guys..untuk liputan kuliner kali ini..we spotted an unique restaurant called Nasi Bancakan. Located in Jalan Trunojoyo No.62 Bandung, restoran sunda ini menawarkan berbagai keunikan yang tidak dijumpai pada restoran lainnya. Diantaranya, Nasi Bancakan menciptakan atmosfer “kampung” yang cukup kental sehingga memanjakan indera para pengunjungnya (and their stomach, too) akan nuansa kampung sunda dan makanannya yang sangat khas.

Restoran Sunda yang berdiri mulai tanggal 17 Oktober 2007 ini memang memiliki konsep “kampung”. Abah Barna, pemilik Nasi Bancakan, berbagi kepada kita tentang konsep awal restoran sunda ini. “Pada awalnya, saya ingin membuat kosep Nasi Bancakan dengan mendirikan saung-saung sebagai tempat makannya. Tetapi kondisi tempat tidak memungkinkan, sehingga hanya dibuat area untuk makan sambil lesehan dan makan dengan menggunakan meja.”.


ini dia Abah Barna yang baik mau kasih kita waktunya buat wawancara

Untuk menambah kesan “kampung”nya, restoran ini juga setia menggunakan peralatan makan yang biasa digunakan orang-orang zaman baheula. Seluruhnya, baik piring, mangkuk, teko, baskom, hingga gelas terbuat dari seng.

Selain peralatan makan yang unik, menu makanan disini juga tak kalah “kampung”. Pindang ikan mas sawah, gurame goreng/bakar, hayam bakar koneng cisaga, beuleum peda, oseng haremis, sangu liwet, balakutak, sate ayam dan kambing, gejos cabe hejo, dan lain sebagainya merupakan menu andalan yang disuguhkan oleh Nasi Bancakan. Soal rasa, tak perlu khawatir guys, karena selain dijamin enak, seluruh menunya dijamin fresh dan sehat. Dan yang paling digemari dari resto ini tak lain dan tak bukan ialah sambalnya yang dahsyat! Di Nasi Bancakan ada bermacam jenis sambal yang kesemuanya bisa membuat kita merem-melek, keringetan, sampai ber-sssshh-aaahh ria.. hebatnya lagi, sensasi kepedasan seperti itulah yang dicari para pengunjung.


this is it! sambel khas nasi bancakan yang paling dicari! tempatnya diujung jangan lupa. hihii

Disamping makanan berat dengan konsep prasmanan, restoran ini juga menyuguhkan aneka menu khas sunda lainnya, seperti es goyobod, es cincau, es kopi nyereung, dan kue balok.



the yummy kue balok! Arni, dont let the cake burned. oke!


wanna some es goyang and es goyobod, fellas?

Karena letaknya yang bersebelahan dengan restoran sunda serupa,jelas nuansa persaingan sangat kentara. Namun Nasi Bancakan tetap ramai akan pengunjung. Sebenarnya apa sih kelebihan yang dimiliki Nasi Bancakan untuk menarik pengunjung agar rajin datang ke restoran mereka? Untuk hal yang satu ini Abah Barna angkat bicara, “Kalau di Nasi Bancakan ini, semua makanan kita suguhkan dengan lebih ekonomis. Kita sengaja menembak segmentasi pengunjung dengan status ekonomi menengah kebawah. Karena saya ingin agar semua kalangan bisa makan di restoran saya, mulai dari direktur sampai tukang becak.”

Maka tak jarang berbagai kalangan mulai dari satpam sampai artis pun mencicipi makanan di Nasi Bancakan ini. Pengunjungnya pun tak terbatas dari daerah Bandung dan sekitarnya saja, namun juga dari luar Bandung. Bahkan ada pengunjung, Imelda (35) yang datang jauh-jauh dari Singapura untuk mencicipi nikmatnya makan di Nasi Bancakan. “Kebetulan saya sedang berlibur sambil pulang kampung ke Bandung. Dan ibu saya langsung merekomendasikan Nasi Bancakan ini. Ternyata memang makanannya enak sekali. Kita sampai pesan gurame goreng lima ekor! Saya suka makan disini karena atmosfernya khas Sunda sekali dan peralatan makannya unik.” ujar ibu dua anak yang sangat menggemari sambal Nasi Bancakan ini.


tante Imelda.. aslinya mirip Scarlet Johanson loh. hihi

Selain dari Singapura, Ryan, Padang, Riko, dan Arfan juga rela datang jauh-jauh dari Jakarta demi makan di Nasi Bancakan. “Gue suka banget makanannya. Sambelnya enak banget, murah, dan sunda banget. Gw juga suka sama kekhasan dan tradisionalitas yang masih diusung sama Nasi Bancakan ini. Kayak masaknya masi menggunakan tungku, dll. Pokonya wajib nyobain semua makanan disini deh.” ujar Padang.


Ryan, Padang, Riko dan Arfan



hati-hati ya tungkunya panas..hehe

Nah, sudah mulai tergiur? Soal harga,ga usah takut. Nasi Bancakan mematok harga yang sangat terjangkau. Harga mulai dari Rp 1000,00 hingga Rp 7000,00 saja. Dan untuk gurame, dipatok harga sebesar Rp 35.000,00 per ekor. Buka mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam dan beranggotakan 45 karyawan, Nasi Bancakan is ready to rock ur tongue with their speciality menu. Wanna taste it?? So what are u waitin for? Be there now!!!

17 comments:

ira said...

yupp..
i Heart Bancakan..
pertama kali kebancakan pas jam istirahat makan siang kantor gw, ternyata klo jam2 segitu ramee bgd karyawan yg makan disana..
pas gw bayar gw kaget, harga ny murahh bgd.. dan rasa ny enak bgd..
lsg lah gw promosin k temen2 gw..
ehh ternyata temen2 gw jg lsg pada suka jg k bancakan..
pancakan asoyy dahh..
heeheehee

agung said...

kalo soal culinary bandung emang d'best deh..
gw baru tau nh ada resto nasi bancakan, thx buat yang ngepost nh jadi nambahin reference baru buat nyari2 tempat makan yang seru2.
btw, "Untuk menambah kesan “kampung”nya, restoran ini juga setia menggunakan peralatan makan yang biasa digunakan orang-orang zaman baheula. Seluruhnya, baik piring, mangkuk, teko, baskom, hingga gelas terbuat dari seng."
itu higienis ngga tapi.. hehehe.

Anonymous said...

waah kayak nya seru tuh nyobain nasi bancakan, secara pengetahuan gw tentang kuliner di bandung ini minim so thanks buat info kuliner nya,, dah gtu kuliner yg pas di kantong mahasiswa hahahahahaa

Louis said...

waah kayak nya seru tuh nyobain nasi bancakan, secara pengetahuan gw tentang kuliner di bandung ini minim so thanks buat info kuliner nya,, dah gtu kuliner yg pas di kantong mahasiswa hahahahahaa

veniArni said...

@Ira : we heart bancakan too! harganya fantastisss!! kapan" makan bareng yuu! ;)

@ agung : dijamiin higieniss... maksudnya tu peralatan makan yg dipake persis sama kaya yang sering dipake orang"jaman dulu..dan kebetulan terbuat dari seng. it's very unique and soo vintage!!
jadi jangan dibayangin kita makan diatas seng yg buat bahan bangunan yaa...

Anonymous said...

waaahh,,...
setuju gw,..

gw udah pernah makan d sini,
emang enak klo mnurut gw,..

recommended restaurant ni,hahaha

chissa said...

mmmhh, yummy! masakan sunda emang gak ada matinya! bener bener kerasa banget khas indonesianya. nice info. bisa dicoba kalo lagi main ke bandung!
aku link yaa blog ini. oke :) nice blog! kapan kapan mampir lagi oke. biar bisa sharing tentang kuliner juga. :D

veniArni said...

@ chissa : thx.. aku link blog kamu jga deeh..

amb_smail said...

gw dulu di ajakin sepupu gw kesini cuman gara2 pengen makan pake piring jadul yang kek punya mbah gw dulu...
ternyata pas gw sampe sana... ni'meh....kawan!!!
gw waktu pertama kali dateng kesana nasinya baru jadi,fresh from the open...
kue baloknya juga tuh,inceran bokap gw.enak banget kue baloknya,murah pula...

nice restaurant

edhika said...

thanks yaa udah dateng ke blog akuu (puzzle of life)..
btw nasi bancakan alamatnya apaa??
or di bandung sebelah mananyaa??
siapa tauu klo aku ke bandung bisa kuliner ksana..
soalnya keliatannya tempatnya bisa dibilang keliatan high class buat harga makanan yg cukup ekonomis.
hehe..

veniArni said...

@ amb_ismail : iya enk bgt kue baloknya.. jajanan jaman dulu yg udh jarang ditemuin ada semua disini kayak es goyang dan lainnya. pokoknya feels in"kampung" bgt deh klo kesini..

@ edhika :iya sma2 edhika udh mau mampir di blog ini.. sering2 berkunjung yaa.. ini letaknya di Jalan Trunojoyo no. 62. abis liat2 distro di sekitar trunojoyo bisa mampir kesini deeh.. hehe

Anonymous said...

bener bgtt..
emang enak menurut gw..

recommended resto bgt dehh..!

sapta said...

rekomendasinya bgs,,,boleh jg tuh

tapi fotonya kurang meyakinkan kalau makanannya bener2 enak......

Anonymous said...

gila,gila,gila.. kapan2 kita makan disana ya rame2..

Rio Nanda Back to Nature said...

i know this one!

that's a good place....

the photo's make me hungry...

ummmmmmm,yuuuuuuuuummmmmmmyyyy

contasia said...

thanx bgt buat rekomendasinya..
wah tpt yang cocok bgt yah buat makan bareng kluarga maupun teman... apalagi buat anak kos gni. harganya pas

Fajrini Darma Dalel said...

hmmm jd pengen nyobain makan disana deeh.. ven u look really cute on that pic :)